10 Tips Mudah Cara Merawat Komputer Agar Tidak Cepat Rusak

Komputer saat ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan masing-masing membuat kita tetap terhubung dengan dunia digital kita pada waktu tertentu. Apakah Anda bergantung pada koleksi perangkat Anda untuk bekerja atau bermain, menjaganya dalam kondisi sempurna dan tidak bercacat adalah yang paling penting. Dari daya tarik kosmetik hingga fungsionalitas operasionalnya, komputer yang terpelihara dengan baik terlihat bagus, tahan lama, dan berkinerja andal.

Menjaga PC Anda dalam kondisi prima akan memperpanjang umur PC Anda, baik secara internal maupun eksternal. Sistem operasi yang bermasalah, CPU yang terlalu panas, atau baterai yang cepat habis adalah masalah komputer yang dapat dihindari yang dapat dicegah dengan sedikit perawatan rutin. Mari kita lihat 10 tips perawatan penting ini, sehingga PC Anda akan melihat kinerja yang kuat selama bertahun-tahun dan daya tarik yang ramping.


1. Menggunakan Pengaman
Semua orang pernah jatuh, terbentur, dan terpeleset saat memegang komputer yang menghasilkan bantingan kosmetik yang tidak sedap dipandang yang membuat komputer Anda tampak kurang disukai. Jika Anda seperti kebanyakan orang yang bepergian dengan PC mereka , melindungi dari kecelakaan bisa terasa hampir mustahil saat mengemas PC Anda ke dalam tas jinjing. Laptop yang terbuka rentan terhadap semua elemen perjalanan yang mungkin ingin Anda lindungi.
Baik Anda bepergian dengan kelas bisnis atau ke ruang kelas di seberang kampus, melindungi PC Anda dari berbagai elemen dimulai dengan casing pelindung . Ada beberapa gaya perlindungan berbeda yang menawarkan tingkat pelindung dan fungsionalitas berbeda.

2. Atur Kabel
Satu-satunya hal yang lebih membuat frustrasi daripada berurusan dengan kabel yang panjang dan membingungkan adalah membuat semuanya tercampur dan kusut dalam prosesnya. Menjaga dunia digital Anda tetap terhubung adalah suatu keharusan, jadi memasang kabel bukanlah pilihan yang layak. Meluangkan waktu untuk merapikan dan mengatur massa kabel seperti ular yang muncul dari soket ekstensi dan port PC Anda adalah langkah pertama yang bagus untuk pengguna desktop dan laptop.

3. Perbarui Sistem Operasi Komputer Anda
Jika Anda mencari perawatan komputer dasar, memperbarui sistem operasi Anda adalah salah satu solusi termudah. Terlepas dari apakah Anda seorang loyalis Windows, Mac, atau Linux, memperbarui PC Anda ketika patch baru tersedia memastikan PC Anda tetap pada kekuatan kinerja mutakhir.
Windows 10 dikenal untuk menjaga pengguna tetap selaras dengan pemeriksaan pembaruan sekali sehari. Pemindaian otomatis ini terjadi di latar belakang dan selalu memberi tahu Anda jika ada perangkat lunak penting atau patch sistem operasi yang perlu dibuat. Tujuan akhirnya adalah untuk mengoptimalkan kinerja PC Anda, jadi ketika Windows menyarankan Anda memperbarui, Anda harus melakukannya.

4. Hindari Pengisian Baterai Yang Berlebihan
Dengan ketergantungan yang meningkat pada perangkat nirkabel, mengoptimalkan daya baterai adalah prioritas utama bagi banyak orang. Ada beberapa hal yang lebih mengerikan daripada baterai yang terkuras ketika Anda memiliki waktu berjam-jam untuk bekerja dan bermain di jadwal hari Anda. Namun, lebih baik untuk menahan godaan mencolokkan saat PC Anda berada di bawah 50% masa pakai baterai.
Pengisian yang tidak perlu dapat menyebabkan pengisian yang berlebihan, yang kemudian menyebabkan penurunan kemampuan regeneratif. Ini sering terlihat seperti laptop yang tidak dapat mengisi daya sebaik mungkin di hari-hari sebelumnya.
Dibelenggu dengan berat pengisi daya mengalahkan tujuan portabilitas nirkabel laptop. Untuk menghindari nasib baterai yang buruk, cabut perangkat Anda setelah mencapai daya 100%, dan jangan pasang sampai daya benar-benar rendah.

5. Bersihkan Sistem Anda Dari File Dan Program Sampah
Komputer cenderung menunjukkan usia terbaik mereka dalam jumlah file yang tidak terpakai yang tinggal di hard drive mereka. Program yang tidak berguna dan file sampah lama kemungkinan memakan lebih banyak ruang daripada yang Anda sadari. Dari versi lama perangkat lunak hingga versi pensiun dari resume Anda, PC Anda pasti memiliki bagian yang adil dari puing-puing digital yang membusuk di desktop Anda atau di menu mulai Anda. Program dan file ini dapat dengan cepat berubah menjadi babi kinerja jika terus menumpuk.
Sebelum komputer Anda mencapai titik di mana ia meminta lebih banyak ruang penyimpanan, gunakan tip pembersihan PC ini untuk membebaskan sistem Anda.

  • Copot pemasangan perangkat percobaan
  • Jalankan perangkat lunak pembersihan disk
  • Kosongkan recycle bin
  • Hapus file sementara
  • Hapus cache halaman web offline

6. Jalankan Pemindaian Antivirus Secara Berkala
Serangan malware dapat menyelinap pada Anda kapan saja, dan jika memang demikian, memiliki antivirus cerdas yang hidup di PC Anda akan melindungi Anda dari kerusakan yang dibawa virus. Pemindaian antivirus mingguan memastikan komputer Anda selalu bersih dari infeksi perangkat lunak berbahaya. Pemindaian dasar akan memeriksa komputer Anda untuk mencari bahaya yang mencolok atau aktivitas yang luar biasa.
Bagi mereka yang sering menggunakan web dan mengunduh program dan file secara teratur, pertimbangkan untuk menjalankan pemindaian virus dua kali seminggu. Itu selalu lebih baik untuk berbuat salah di sisi keamanan, terutama ketika data pribadi Anda bisa beresiko.
Infeksi malware dapat membahayakan kinerja komputer Anda dan memaparkan informasi rahasia Anda kepada penjahat dunia maya pihak ketiga. Tergantung pada jenis malware yang diinstal pada sistem Anda, virus juga dapat:

  1. Kecepatan peramban web lambat
  2. Mengganggu koneksi jaringan
  3. Membekukan atau merusak sistem Anda
  4. Ubah pengaturan komputer
  5. Izinkan akses tidak sah ke sumber daya sistem
Dengan menjalankan pemindaian antivirus biasa, Anda dapat yakin bahwa tidak ada yang terlewat. Pastikan untuk memilih penyedia pemindaian antivirus yang juga memindai semua unduhan Anda.

7. Bersihkan Keyboard Dan Casing
Anda akan terkejut melihat betapa banyak debu dan kotoran yang hidup di bawah tombol keyboard Anda. Dari remah-remah makanan dan bulu anjing hingga debu dan kotoran, dan segala sesuatu yang dapat masuk di antara tuts, sejumlah partikel kotor dapat menyumbat keyboard Anda. Ini biasanya menghasilkan tombol yang lengket atau sulit ditekan.
Membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau dari laptop atau pengaturan desktop Anda paling mudah dilakukan dengan tabung udara terkompresi, tersedia dari toko peralatan kantor, toko komputer, dan toko perangkat keras.

  • Untuk keyboard eksternal
Cabut keyboard dari port USB atau matikan jika nirkabel. Miringkan keyboard ke atas dan kibaskan kotoran yang terlepas terlebih dahulu. Semprotkan udara terkompresi pada sudut dan kira-kira 1 inci dari tombol. Gunakan kain mikrofiber basah untuk menyelesaikan pekerjaan, menghilangkan debu atau kotoran berlebih.
  • Untuk pengguna laptop
Matikan laptop Anda dan cabut USB atau input catu daya apa pun. Miringkan laptop ke bawah dan ketuk perlahan untuk mendorong kotoran lepas keluar. Letakkan laptop di posisi alaminya dan semprotkan di antara tombol dari jarak sekitar 1 inci. Semprotkan dalam semburan singkat bergerak dari satu sisi keyboard ke sisi lainnya.
Jika Anda menemukan tempat-tempat tertentu lebih sulit dibersihkan daripada yang lain, gunakan bola kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol isopropil sebagai alternatif yang bagus. Alkohol menguap lebih cepat daripada air yang menjadikannya solusi sempurna untuk puing-puing yang mengeras.

8. Perbarui Kata Sandi Anda
Percaya atau tidak, memperbarui kata sandi Anda adalah tugas yang sama pentingnya dengan mencadangkan data Anda. Laporan Investigasi Pelanggaran Data Verizon 2017 menemukan bahwa 81% pelanggaran terkait peretasan yang mengkhawatirkan memanfaatkan kata sandi yang dicuri dan/atau lemah [1]. Perilaku kata sandi yang buruk mencakup semuanya, mulai dari menggunakan kata sandi yang sama untuk setiap akun hingga menggunakan kata sandi yang sederhana dan mudah ditebak seperti "kata sandi" atau "123456".
Dalam hal perawatan komputer dasar, melindungi dunia digital Anda dari penjahat dunia maya harus selalu menjadi yang terdepan dalam daftar tugas Anda. Tidak ada sistem keamanan yang sempurna, dan lebih hari ini daripada sebelumnya, konsumen menyadari hal ini dalam skala besar.
Jika Anda terlambat untuk memperbarui kata sandi, pertimbangkan untuk menggunakan tip pembuatan kata sandi yang kuat ini:

  1. Gunakan setidaknya 10 karakter
  2. Gunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil
  3. Sertakan angka dan simbol khusus
  4. Tambahkan emotikon jika memungkinkan (:O, :(, :D, :), TT)
  5. Sandi yang kuat melindungi semua data Anda dari kemungkinan peretas pihak ketiga, itulah sebabnya ia menjadi bagian penting dari pemeliharaan komputer.

9. Atur Data Anda
Sangat mudah untuk membiarkan organisasi data komputer Anda berjalan serba salah ketika gaya hidup bekerja dan bermain Anda tidak menyisakan banyak waktu untuk manajemen file yang diperhitungkan. Baik itu file musik lama dari masa band garasi Anda atau add-on yang diunduh untuk game simulasi favorit Anda, banyak folder PC Anda dapat menjadi penuh sesak.
Jika Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir kali Anda melihat-lihat folder unduhan, kemungkinan Anda terlambat untuk berkunjung. Hal yang sama berlaku untuk sisa folder default Anda (dokumen, foto, dll.).
Berurusan dengan desktop yang berantakan atau folder komputer yang penuh sesak mungkin merupakan tugas yang menakutkan, tetapi dengan tips dan trik ini, Anda akan baik-baik saja di jalan menuju sistem file dan folder yang berfungsi.

  • Buat folder utama yang besar
Setiap orang menggunakan komputer mereka untuk tujuan utama yang berbeda. Seorang penulis lepas kemungkinan akan memiliki tugas folder utama yang sama sekali berbeda dari gamer profesional atau pemilik bisnis. Sangat penting untuk mempersempit dunia digital Anda menjadi divisi folder yang mudah untuk membuat putaran pertama organisasi Anda menjadi mudah, dan putaran masa depan Anda lebih mudah.
  • Buat sub-folder kecil
Dalam folder utama Anda yang lebih besar, sub-folder yang lebih kecil membuat operasi organisasi Anda lebih lancar. Mampu mengkategorikan file berdasarkan fungsionalitas atau kontennya akan membantu Anda mengaksesnya kapan pun Anda membutuhkannya. Tidak diperlukan tombol pencarian.
  • Kosongkan folder unduhan Anda
Folder unduhan Anda harus berfungsi sebagai cache sementara untuk file yang baru saja diunduh. Biasakan menempatkan unduhan terbaru di folder yang tepat atau menghapusnya setelah mereka mencapai tujuannya.
  • Bersihkan desktop Anda
Saat Anda menyalakan komputer dan bersiap untuk pekerjaan sehari-hari atau menjelajah media sosial ringan, Anda ingin dapat melakukannya tanpa stres berantakan. Kosongkan desktop Anda dari file, folder, atau program apa pun yang tidak Anda perlukan tersedia di setiap pengaktifan.
  • Pilih nama file dengan bijaksana
Jika Anda sering menyimpan gambar, PDF, dan file umum lainnya, Anda tahu betapa mudahnya mengetik omong kosong untuk operasi "Simpan Sebagai" yang berhasil. Alih-alih terburu-buru, luangkan waktu untuk membuat nama file yang disengaja sehingga Anda selalu tahu apa yang ada di hard drive Anda dan di mana letaknya.

10. Cadangkan Data Anda
Bagian dari memiliki komputer modern adalah untuk mempersiapkan hal-hal yang tidak terduga. Kerusakan mendadak, gangguan sebelum waktunya, dan kegagalan perangkat keras acak semuanya berpotensi merusak data yang ada di PC Anda. Mencadangkan file adalah salah satu prosedur perawatan komputer paling penting yang dapat dilakukan sendiri oleh pengguna PC. Itu sebabnya kami menempatkannya di tempat terakhir kami. Komputer Anda dapat diganti, tetapi tanpa cadangan, informasi Anda tidak.
Pencadangan penuh biasanya dilakukan pada hard drive eksternal yang memiliki banyak penyimpanan dan di cloud. Dengan membuat salinan duplikat dari semua yang ada di PC Anda (sebenarnya menyimpan data Anda di 3 tempat adalah yang paling aman), semua data berharga Anda ada di komputer Anda dan di dalam drive eksternal atau cloud.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url