Google Knowledge Panel: Pengertian, Fungsi Dan Cara mendapatkannya Untuk Bisnis Atau Personal

Mungkin anda sering menemukan panel di sebelah kanan yang menawarkan berbagai link atau tautan tentang merek, biografi, gambar, dan lainnya. Jika iya maka anda baru saja melihat knowledge panel atau pengetahuan Google.

Apa itu knowledge panel dan apa fungsinya? Di artikel ini saya akan menjelaskannya jadi harap jangan di skip-skip biar tidak ada kesalah pahaman. Oke kita lanjut.


Pengertian Knowledge Panel

Knowledge Panel adalah kotak informasi yang muncul di Google saat Anda menelusuri entitas (orang, tempat, organisasi, objek) yang ada di Grafik Pengetahuan. Panel ini dimaksudkan untuk membantu Anda mendapatkan ringkasan informasi mengenai suatu topik berdasarkan pemahaman Google tentang konten yang tersedia di web.

Panel pengetahuan dibuat secara otomatis, dan informasi yang ditampilkan berasal dari berbagai sumber di web. Sebagian di antaranya mungkin berasal dari partner data yang bekerja sama dengan sebuah perusahaan dalam menyediakan data resmi tentang topik tertentu, seperti film atau musik, dan menggabungkan data tersebut dengan informasi dari sumber web terbuka lainnya. 

Mereka juga mengetahui bahwa entitas yang informasinya disertakan dalam panel pengetahuan (seperti tokoh terkemuka atau pencipta acara televisi) melakukan otorisasi mandiri, dan mereka menyediakan cara bagi entitas tersebut untuk memberikan masukan langsung. Oleh karena itu, sebagian informasi yang ditampilkan mungkin juga berasal dari entitas terverifikasi yang telah menyarankan pengeditan atas fakta yang ditampilkan di panel pengetahuan mereka sendiri.

Gambar yang muncul di panel pengetahuan dapat berasal dari berbagai sumber. Salah satunya, orang yang telah mengklaim panel pengetahuan miliknya bisa memilih foto unggulan dari sekian banyak gambar yang ada di web. Gambar lainnya (terutama jika ada koleksi berisi lebih dari satu gambar) adalah pratinjau dari hasil Google Gambar untuk entitas tersebut, dan diambil secara otomatis dari berbagai sumber di web.

Knowledge Panel diperbarui secara otomatis seiring perubahan informasi di web, namun Google juga mempertimbangkan perubahan melalui dua cara utama: secara langsung dari entitas yang ditampilkan di panel pengetahuan, dan dari masukan pengguna umum.


Fungsi Knowledge Panel

Knowledge Panel dapat membantu Anda menemukan hal yang benar, pencarian Google juga dapat memberikan ringkasan terbaik, memungkinkan pencari untuk pergi lebih luas dan lebih dalam.

Model yang diperkenalkan Google beberapa tahun lalu dikenal sebagai grafik pengetahuan (knowledge graph).

Ya! Inilah yang menggerakkan panel pengetahuan (Google knowledge panel), meskipun banyak pemasar konten menggunakan kedua istilah tersebut secara bergantian.

Panel pengetahuan Google tersebut muncul di sisi kanan hasil pencarian saat Anda mencari orang, lokasi, tempat, objek, merek, peristiwa, sejarah, dan lain sebagainya.

Google mengumpulkan data ini dari sumber publik, termasuk Wikipedia dan The CIA World Factbook, dengan jutaan objek dan miliaran fakta relasional.

Panel pengetahuan berisi banyak detail yang terkait dengan kueri penelusuran Anda.

misalnya, saat Anda menelusuri Google dengan kategori tertentu anda akan menemukannya dengan penjelasan detail seperti niche atau ceruk bisnis, deskripsi singkat, riwayat, CEO, tautan ke situs web perusahaan, dan detail lain yang diperlukan.

Seperti yang dapat kalian lihat, informasinya juga mencakup seperti link atau tautan ke profil sosial serta lainnya seperti “orang-orang juga mencari” pada bagian bawahnya.

Contoh lainnya seperti saat Anda menelusuri selebritas, informasi yang tersedia di panel pengetahuan Google juga bertambah, sebagai contoh misalnya panel akan menampilkan kutipan (dari selebritas) dan film yang juga melibatkan selebritas yang dicari.

Untuk manfaat lainnya memiliki panel pengetahuan Google, seperti peningkatan penemuan organik di Google dan reputasi merek, untuk beberapa nama.


Bagaimana Membuat dan Mendapatkan Google knowledge panel untuk Bisnis atau Orang (Personal)?

Jadi bagaimana cara untuk membuat dan mendapatkan panel pengetahuan Google untuk brand, merek, bisnis atau orang (pribadi atau personal)?

Well, perlu kalian ketahui, menurut Google, panel pengetahuan dihasilkan secara otomatis saat mencari entitas yang ada di Google knowledge graph.

Panel tersebut tentunya terus diperbarui secara otomatis terutama saat informasi yang terdapat di web berubah.

Ya, apa yang kita bicarakan di sini adalah cara untuk membuatnya menjadi lebih mudah dan lebih memungkinkan agar panel pengetahuan itu muncul.

Sebelum kita mulai penjelasan langkah-langkah cara membuat dan mendapatkan Google knowledge panel, pertama-tama, periksalah terlebih dahulu Search Engine Result Page (SERP) untuk melihat apakah mereka sudah ada dan tersedia untuk organisasi, bisnis, perusahaan, orang, pribadi atau personal Anda.

Jika ya, maka kalian tidak perlu repot-repot untuk mendapatkannya, cukup klik tombol own this business pada link atau tautan di panel sehingga Anda dapat mengklaimnya.

Proses verifikasinya pun terbilang cukup sederhana.

Biasanya, Google dapat mengaitkan entitas panel pengetahuan dengan salah satu akun seperti YouTube, Google Search Console, Twitter, Facebook.

Jika tidak, Anda harus memberikan informasi tambahan untuk memverifikasi bahwa Anda adalah perwakilan resmi dari entitas tersebut.

Terlepad dari pada itu semua, kalian juga dapat menggunakan jasa personal branding khususnya untuk membuat dan mendapatkan peluang ditampilkannya Google knowledge panel Anda.

Untuk membuatnya sendiri, maka ada beberapa hal yang minimal harus kalian buat dan dapatkan terlebih dahulu untuk dapat memiliki Google knowledge panel pada hasil query atau kueri pencarian terkait bisnis atau personal (pribadi) Anda sebagai berikut:


a. Website

Poin pertama yang harus kalian miliki untuk dapat mempunyai panel pengetahuan Google yaitu adalah dengan memiliki situs website resmi.

Betul! Tidak ada informasi terbaik yang dapat didapatkan oleh Google knowledge graph selain dari website official (seperti halaman tentang, kontak dan lain sebagainya) Anda sendiri bukan?

Ya, oleh karena itulah, ini merupakan hal penting yang perlu kalian miliki terlebih dahulu.


b. Wikipedia

Hal pertama yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan Google knowledge panel yaitu adalah dengan mempunyai laman Wikipedia.

Betul, perlu kalian ketahui Wikipedia adalah sumber informasi utama bagi Google saat membuat panel pengetahuan.

Jadi, Anda harus membangun kehadiran online Anda untuk mendapatkan Google knowledge panel khususnya di platform Wikipedia.

Bagaimana Cara Membuat Halaman Wikipedia untuk Bisnis atau Personal (Pribadi)?


Untuk dapat membuatnya, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Membuat Akun Wikipedia

Langkah pertama yaitu dengan membuat akun Wikipedia.

Caranya mudah saja, cukup kunjungi halaman Wikipedia mana pun dan klik create account yang terletak di sudut kanan atas browser Anda.

Jika sudah, lanjutkan dengan memberikan detail yang diperlukan seperti:

  • Nama pengguna (username)
  • Kata sandi (password)
  • Alamat e-mail

Setelah Anda mengisi semua bidang tersebut, klik create your account dan selesai!


2. Menjadi Confirmed User

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan yaitu dengan menjadi confirmed user atau pengguna yang telah dikonfirmasi.

Setelah Anda sudah membuat akun dan berhasil masuk ke platform Wikipedia, maka Anda harus menjadi pengguna Wikipedia yang terkonfirmasi secara otomatis untuk dapat berkontribusi membuat halaman baru.

Adapun salah satu cara terbaik untuk menjadi confirmed user di Wikipedia yaitu adalah dengan mengedit halaman di Wikipedia yang sudah kadaluarsa.

Saran saya anda harus menghabiskan waktu setidaknya 1 (satu) bulan pertama untuk mengedit halaman Wikipedia lama (outdated page).


3. Buat Halaman Anda

Setelah Anda menjadi pengguna Wikipedia yang terkonfirmasi, mulailah bekerja dan melanjutkannya untuk membuat halaman Anda.

Namun, perlu saya tekankan bahwa kalian harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Menggunakan tata bahasa yang benar
  • Memperhatikan tingkat keterbacaan
  • Membuat tulisan konten yang kaya informasi

Selain ini, kalian juga harus memperhatikan penulisan quote (kutipan) serta Anda juga harus menyediakan sumber untuk mendukung konten Anda.

Adapun untuk sumber-sumber yang akan memenuhi syarat ketika membuat halaman di Wikipedia antara lain adalah sebagai berikut:

  • Buku
  • Koran
  • Majalah
  • Jurnal

Dan untuk sumber yang tidak terlalu relevan dalam memenuhi syaratnya yaitu seperti:

  • Media sosial
  • Siaran pers
  • Blog profesional atau pribadi

4. Submit atau Mengirimkan Halaman Anda

Setelah Anda selesai membuat konten untuk laman Anda, lanjutkan dengan mengirim atau mempublikasi ke situs web di situs Wikipedia.

Wikipedia kemudian akan menganalisis halaman dan kutipan Anda untuk menentukan apakah informasi tersebut kredibel atau tidak.

Setelah Wikipedia menganggap kontennya dapat diandalkan, maka laman Anda akan segera diposting di platform tersebut.


5. Melakukan Pembaruan Teratur

Langkah terakhir yang harus kalian lakukan ketika sudah mempunyai halaman Wikipedia, saran saya pribadi yaitu adalah dengan melakukan pembaruan teratur.

Jangan pernah berhenti memperbarui halaman Wikipedia Anda.

Tidak ada yang lebih berbahaya bagi data brand atau merek Anda, Wikipedia, dan Google Anda, selain informasi kadaluarsa, usang atau outdated.


c. Wikidata

Untuk membuat atau mengedit Wikidata, Anda tentunya dapat merujuk ke panduan langkah demi langkah dalam mengedit data Wikidata tersebut.

Untuk panduan memasukkan data pada platform Wikidata sendiri, silahkan buka linknya disini.


d. Media Sosial

Cara membuat dan mendapatkan Google knowledge panel (graph), yaitu dengan memperhatikan serta aktif di media sosial.

Profil media sosial Anda juga tercantum di panel pengetahuan seperti yang dapat kalian lihat dalam bagian pembahasan apa itu pengertian Google knowledge panel (graph) di atas.

Selain itu, mereka membantu Google mempelajari lebih lanjut tentang brand atau merek Anda, layanannya, dan cara kerjanya.

Kehadiran online tersebut juga Anda membantu visibilitas dan memungkinkan pengguna menemukan profil sosial Anda dengan mudah.


e. Schema Markup

Poin penting lainnya yaitu adalah skema atau schema markup.

Menerapkan data terstruktur di situs web Anda memungkinkan Google mempelajari konten situs Anda secara efisien.

Ini juga membantu mesin pencari mempelajari bagaimana konten situs web kalian disusun.

Selain itu, implementasi markup skema juga dapat meningkatkan visibilitas online dan CTR atau Click-Through Rate juga.

Selanjutnya, berikan detail sebanyak mungkin tentang situs web Anda melalui meta tag.

Optimalkan tag meta tersebut, termasuk deskripsi meta dan judul dengan kata kunci utama serta tambahkan detail tentang penulis yang valid.

Jika kalian menggunakan WordPress, kalian dapat menggunakan Yoast SEO untuk memasukkan data organisasi atau personal (pribadi) di situs website kalian.


f. Direktori Lokal

Toko atau direktori lokal pastinya juga tercantum di panel pengetahuan Google.

Jadi, untuk memperolehnya untuk bisnis lokal Anda, Anda harus membuat profil Google Bisnisku atau yang lebih dikenal dengan Google My Business secara global.

Anda harus membuat dan memverifikasi akun Google Bisnisku terlebih dahulu.

Jika bisnis Anda lokal, pastinya tetap merupakan hal yang masuk akal untuk melakukan ini, karena itu memungkinkan bisnis Anda terdaftar di Google Maps serta memungkinkan pengguna untuk meninggalkan ulasan.


Mungkin cuma sekian artikel yang bisa saya sampaikan tentang knowledge panel atau pengetahuan google, jika ada yang kurang silahkan tinggalkan komentar anda. Semoga bermanfaat!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url