Panduan Lengkap Cara Desain Website menggunakan Figma

Salah satu aspek profesi yang lumayan disukai paling utama buat angkatan milenial yaitu UI atau UX. Bila temen- temen mempunyai kemauan jadi seseorang UI atau UX designer pasti wajib terdapat yang butuh disiapkan salah satunya ialah berlatih membuat konsep UI atau UX web ataupun aplikasi.


Cara Desain Website menggunakan Figma

Pada kesempayan kali ini Kami akan membagikan sedikit pengetahuan tentang figma konsep web buat pendatang baru, yang sewaktu-waktu figma konsep web bisa saja kalian butuhkan, nah apa itu? Yaitu membuat web dengan konsep Figma. Mudah - mudahan bimbingan figma kali dapat bermanfaat buat kalian.


Apa itu figma?

Figma adalah salah satu design tool berplatform cloud free yang dapat dijalani di browser( website based) ataupun aplikasi desktop di OS Windows serta MAC OS yang mendekati dengan Sketch ataupun Adobe XD buat fungsionalitas serta fiturnya, tetapi mempunyai perbandingan besar yang membuat Figma lebih bagus ialah fitur buat kerja sama regu. Figma berikan Kamu seluruh perlengkapan yang Kamu butuhkan buat langkah konsep cetak biru, tercantum perlengkapan vektor yang sanggup coretan seluruhnya, dan keahlian prototyping, serta pembuatan isyarat buat hand- off.


Kelebihan Figma

berikut ini beberapa fitur unggulan Figma yang dilansir dari situs resminya:


1. Kemudahan dalam membuat desain

Fitur desain dari Figma memiliki banyak kelebihan karena dibuat sangat modern. Pengguna akan menemukan modern pen tool yang bisa digunakan untuk menggambar ke segala arah dengan Vector Networks.

Selain itu, kemudahan saat mengatur tata letak juga menjadi fitur unggulan dari aplikasi ini. Bahkan, pengguna juga bisa menentukan plugin yang ingin digunakan misalnya untuk mengatur stok foto hingga ikon.


2. Membuat prototype

Meskipun kini sudah ada banyak aplikasi untuk membuat desain produk, tapi Figma masih menjadi salah satu yang paling populer. Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur membuat prototype yang cukup canggih.

Figma memungkinkan desainer untuk merancang desain, membuat prototype, membagikannya, hingga menerima feedback secara mudah. Jadi, tidak perlu berganti-ganti tools dalam merancang suatu desain.

Hasil edit pada desain akan langsung muncul dalam prototype yang dibuat. Kemudian, hasilnya pun bisa langsung dibagikan kepada anggota tim lainnya. 

Orang lain juga bisa memberikan feedback dengan menambahkan komentar di dalam prototype.


3. Design systems

Fitur unggulan selanjutnya dari Figma adalah kemudahan dalam mengatur design systems-nya. Jadi, pengguna akan lebih mudah dalam mencari dan mengakses seluruh aset yang telah dimiliki.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna mengelola siapa saja yang bisa melihat, mengedit, dan berkontribusi ke library penyimpanan aset.

Menariknya, setiap pembaruan yang dilakukan oleh anggota tim juga akan dipublikasikan sehingga lebih mudah untuk melacaknya.


Panduan Lengkap Figma Desain Website

Sekarang kita lanjut pada bagian langkah - langkah membuat desain website memakai Figma. langsung saja berikut langkag-langkahnya:


1. Buka Aplikasi Figma

Saya anggap kalian sudah memiliki akun dan aplikasi Figma yaa. Jika belum memiliki aplikasi figma, kalian bisa masuk ke Figma atau download aplikasi Figma versi desktop nya. Dan mendaftar agar bisa menggunakannya.

sumber : blog.masterweb.com

2. Buat File Baru

Jika sudah masuk ke aplikasi Figma. Silahkan kamu buat file baru dengan mengklik tombol + disebelah kanan atas

sumber : blog.masterweb.com

3. Buat Frame Website

Selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu membuat frame terlebih dahulu. Karena pada kesempatan kali ini kita membuat desain website, maka kamu bisa tekan tombol frame yang saya beri tanda merah pojok kiri atas.

sumber : blog.masterweb.com
Selanjutnya disebelah kanan Anda pilih untuk ukuran desktop.
sumber : blog.masterweb.com


4.Ganti Nama File

Nanti tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. Kamu ganti terlebih dahulu nama file nya sesuai dengan desain yang ingin kamu buat.

sumber : blog.masterweb.com

5. Tambah Gambar

Sekarang kamu bisa mulai untuk desain website nya menggunakan Figma. Kamu bisa menambahkan sebuah gambar dan letakan di sebelah atas dan pastikan menutupi bagian atas kiri dan kanan seperti dibawah ini. Kamu bisa mengambil gambar secara gratis di situs pexels atau unsplash.

sumber : blog.masterweb.com

6. Buat Header

Jika kamu sudah menambahkan gambar, sekarang saatnya untuk membuat header atau menu bar. Anda klik button untuk membuat kata yang berada diatas dan tuliskan nama website dan menu-menu sesuai keinginan Anda.

sumber : blog.masterweb.com

Selanjutnya kamu masukkan sebuah tulisan yang berada di tengah untuk slider. Untuk nama website dan judul slider bisa kamu ubah menjadi bold.


7. Buat Konten

Terkhir yaitu membuat konten, kamu bisa tambahkan sebuah gambar disebelah kiri dan masukkan tulisan di sebelah kanan. Kamu bisa sesuaikan ketebalan tulisan, font color dan font size sesuai keinginan.


Demikian artikel tentang panduan figma desain website sederhana. Pelajari setiap fitur yang disediakan oleh figma dengan baik dan coba belajar membuat desain Anda sendiri sesuai keinginan dan kreatifitas Anda agar lebih mahir tentunya. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url