12 Aplikasi Kehamilan Terbaik untuk Melacak Perkembangan Janin!!

Ketika ibu sedang hamil tentu ingin mendapatkan cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi kehamilan. Konsultasi dengan dokter, membaca buku, ikut seminar, ataupun menggunakan aplikasi kehamilan yang banyak beredar di internet. 

Meskipun tidak bisa menggantikan peran konsultasi dengan dokter, tetapi ink sangat bermanfaat untuk melacak perkembangan si janin lho. Ibu bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan juga bermanfaat hanya bermodalkan ponsel dan internet.


12 Aplikasi Kehamilan Terbaik untuk Melacak Perkembangan Janin

Dikutip dari idnthimes. Berikut 12 aplikasi kehamilan yang banyak tersedia baik di Android maupun iOS.


1. HiMommy Pregnancy Tracker

Aplikasi yang satu ini memiliki interface dan palet warna yang gampang sekali digunakan. Selain itu, aplikasi sederhana ini juga bermanfaat karena menyediakan informasi-informasi dasar seputar kehamilan serta beberapa keperluan kehamilan yang sekiranya diperlukan untuk dibawa ke rumah sakit.

2. Hello Belly: Pregnancy Tracker

Salah satu aplikasi dengan tampilan terkece, yang memungkinkan Ibu untuk mendapatkan tips kehamilan dan disertai ilustrasi-ilustrasi manis. Pelacak perkembangan bayi dalam janin juga disertai dengan tampilan menarik dan memuaskan hasrat visual Ibu tentang rupa si bayi di dalam perut.

3. Pregnancy Week By Week - Amila

Salah satu aplikasi kehamilan dengan rating tinggi, Pregnancy Week By Week - Amila memberikan kenyamanan bagi Ibu dengan pop iklan minim dan tidak adanya keharusan untuk mengikuti komunitas. Aplikasi ini akan memberi informasi mengenai perkembangan mingguan si bayi, selain itu ada pula fitur kalender untuk segala keperluan pertumbuhan bayi.

4. What to Expect’s Pregnancy & Baby Tracker

Ingin tahu sudah seberapa besar ukuran si bayi di dalam perut, apakah sudah sebesar jeruk? Atau seberat melon? Nah, aplikasi yang satu ini memungkinkan Ibu untuk melacak seberapa besar perkembangan bayi dan menghadirkannya dengan visual yang mudah dipahami.

5. Pregnancy Tracker - BabyCenter

Aplikasi yang satu ini agak berbeda karena lebih banyak memberikan tips-tips khusus untuk Ibu berdasarkan usia kehamilan. Misalnya, Ibu harus mulai mempersiapkan pakaian bayi ketika kehamilan berumur 7 bulan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang memungkinkan Ibu untuk bicara dengan penggunanya aplikasi lainnya sehingga bisa saling sharing dan juga bertukar dukungan.

6. Ovia Pregnancy Tracker

Aplikasi yang satu ini memiliki beberapa fitur menarik yang membuat Ibu bisa melacak perkembangan bayi serta gejala-gejala kehamilan yang dirasakan. Bagian komunitasnya juga memungkinkan Ibu untuk mengajukan berbagai pertanyaan dan syukurnya, bisa dilakukan secara anonim. Jadi, nggak perlu malu untuk bertanya hal-hal yang sangat pribadi sekalipun.

7. Pregnancy Tracker: Baby Bump

Aplikasi yang satu ini hanya tersedia di IOS dan menyediakan berbagai fitur menarik, seperti penghitungan waktu kontraksi dan penghitungan tendangan si bayi. Tampilannya pun manis sekali, gradien warna pink yang banyak disukai kaum ibu-ibu.

8. Pregnancy Tracker - Glow

Secara fungsi, aplikasi ini memang nyaris sama dengan yang lainnya. Asyiknya, Ibu juga bisa menautkan akun yang Ibu miliki dengan akun milik suami sehingga bisa melakukan pelacakan secara bersama-sama. Selain itu, aplikasi ini juga bisa ditautkan dengan aplikasi lainnya seperti MyFitnessPal and aplikasi Apple Health.

9. Pregnancy + - Health & Parenting Ltd

Aplikasi yang satu ini termasuk lengkap. Selain menyediakan fitur untuk melacak jumlah tendangan bayi dan kenaikan berat badan, Ibu juga bisa mengakses bagan-bagan serta gambar-gambar perkembangan mingguan janin. Tampilannya pun mudah digunakan dan memakai navigasi yang sederhana.

10. WebMD Pregnancy

Bagi yang sudah sering mencari informasi kesehatan di Internet, pasti sudah mengenal website ini. Sekarang WebMD juga menyediakan aplikasi untuk pelacakan kehamilan. Dengan interface yang mudah digunakan, aplikasi yang satu ini juga menyediakan fitur pengingat jadwal kontrol ke dokter, pelacakan gejala-gejala yang tidak wajar dalam kehamilan, kontraksi, serta memantau kesehatan bayi.

11. Sprout Pregnancy

Aplikasi yang satu ini unik karena menyediakan fitur visual perkembangan bayi dalam teknologi 3D, sangat memanjakan bagi Ibu yang penasaran dengan rupa bayi di dalam kandungan. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Ibu untuk mengakses kumpulan-kumpulan artikel kehamilan dari media-media kredibel seperti Time.

12. The Bump

Rencanakan kunjungan ke dokter kandungan dengan aplikasi ini. Hal ini tentu berguna bagi Ibu yang sedang merencanakan kehamilan. Selain itu, Ibu juga bisa mendapatkan visualisasi pertumbuhan bayi dalam gambar 3D serta artikel-artikel harian tentang kehamilan.


Itulah 12 aplikasi kehamilan yang bisa Ibu gunakan untuk mempermudah informasi kehamilan. Namun ingat, aplikasi ini fungsinya hanya sebagai tambahan. Segala hal terkait kehamilan, baik itu informasi maupun konsultasi tentang gejala-gejala yang terjadi selama kehamilan harus tetap dilakukan dengan dokter kandungan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url