Waspada! Hapus 8 Aplikasi Yang Mengandung Malware Joker Ini

Malware Joker telah ditemukan pada beberapa aplikasi yang ada di Google Play Store. Malware menyelinap ke perangkat pengguna melalui aplikasi dan kemudian secara diam-diam mengumpulkan data dan melanjutkan untuk membuat pengguna tersebut berlangganan langganan premium tanpa sepengetahuan atau persetujuan pengguna.

Malware Joker Trojan telah terlihat di aplikasi Google Play Store sejak tiga tahun terakhir. Laporan terbaru oleh Quick Heal Security Labs menemukan 8 malware Joker di Google Play Store. Kedelapan aplikasi ini dilaporkan ke Google dan raksasa teknologi itu telah menghapus semua aplikasi dari toko mereka.

Berikut adalah delapan aplikasi yang baru-baru ini terlihat mengandung virus Joker Trojan dan harus dihapus dari perangkat Android apa pun:

  • Pesan Tambahan
  • SMS Ajaib Cepat
  • Pemindai Kamera Gratis
  • Pesan Super
  • Pemindai Elemen
  • Pergi Pesan
  • Wallpaper Perjalanan
  • SMS super


Joker Trojan mencuri informasi dari perangkat korban melalui pesan SMS, daftar kontak, dan info perangkat. Trojan kemudian akan diam-diam berinteraksi dengan situs web iklan dan juga membuat korban berlangganan layanan premium tanpa sepengetahuan mereka.

Menurut laporan Quick Heal, saat diluncurkan, aplikasi ini meminta akses notifikasi, yang digunakan untuk mendapatkan data notifikasi. Aplikasi kemudian mengambil data SMS dari notifikasi, dan meminta akses Kontak. Ketika akses diberikan, aplikasi membuat dan mengelola izin panggilan telepon. Setelah itu, ia terus bekerja tanpa menunjukkan aktivitas berbahaya yang terlihat kepada pengguna.

Perusahaan keamanan siber mengklaim bahwa pembuat malware menyebarkan aplikasi malware ini di Google Play Store dalam aplikasi pemindai, aplikasi wallpaper, aplikasi pesan. Jenis aplikasi ini dapat dengan cepat menjadi target. Pengguna disarankan untuk menghindari aplikasi semacam itu dan hanya menggunakan yang tepercaya.


Cara menghapus aplikasi di Android

Anda dapat pergi ke Play Retailer, mencari aplikasi dan kemudian klik ‘Copot pemasangan’ di halaman aplikasi.

Anda juga dapat menekan lama pada aplikasi dan Anda akan mendapatkan opsi untuk menariknya dari layar dan menghapusnya atau mengklik ikon ‘x’ untuk menghapusnya langsung dari layar beranda

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url