Apa itu Server? Berikut pengertian, Jenis Server Beserta Fungsinya

Selama ini kita sudah terbiasa menggunakan perangkat keras (hardware) seperti komputer baik dalam aktivitas sehari-hari, sekolah maupun bekerja. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, komputer mengalami perubahan yang semakin signifikan baik dari segi fungsi hingga bentuknya. 

Kegunaan utama komputer salah satunya sebagai alat yang mempermudah kita untuk mengolah data dan menampilkan informasi. Data dan informasi tersebut disimpan dalam suatu tempat yang disebut Server. Mungkin kamu sudah sering mendengar kata server, lantas apa itu server? Nah, melalui artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian server, fungsi server dan jenis-jenis server.


Pengertian Server

Server atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut peladen merupakan suatu sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpanan data. Data yang disimpan melalui server berupa informasi dan beragam jenis dokumen yang kompleks. Layanan tersebut ditujukan khusus untuk client yang berkebutuhan dalam menyediakan informasi untuk pengguna atau pengunjungnya.

Server berperan penting dalam menyediakan layanan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia pada server. Dalam bentuk fisiknya, server berwujud jaringan komputer dan memiliki ukuran yang sangat besar dengan beberapa komponen pendukung prosesor dan RAM yang berkapasitas besar.


Fungsi Server Dalam Jaringan

Secara umum, fungsi utama server adalah melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien. Selain itu, fungsi server juga untuk mengatur hak akses ke dalam jaringan yang bisa digunakan oleh komputer klien.

Di samping itu, komputer sering juga berisi berbagai data informasi, di mana server tersebut memiliki tugas memberikan layanan bagi para klien yang terhubung dengannya. Fungsi server pada komputer sendiri berbeda-beda, tergantung pada jenis dan kegunaannya.


Jenis-jenis Server beserta Fungsinya

Seperti yang sudah diketahui, komputer server adalah komputer yang menyediakan berbagai macam dokumen, data, dan lainnya yang dibutuhkan oleh komputer. Komputer klien membutuhkan komputer server agar bisa terhubung ke dalam jaringan untuk meminta data yang terdapat pada server. Server pada komputer memiliki beragam jenis dan fungsi, di antaranya:


1. Mail Server

Mail server merupakan jaringan komputer yang melayani pengguna dalam bertukar pesan ke sesama pengguna secara elektronik. Mail server sendiri dibagi menjadi dua kategori, yaitu server surat masuk dan server surat keluar.

Server surat masuk terdiri dari IMAP dan POP3. IMAP (Internet Message Access Protocol) akan menyimpan salinan pesan dikirim dan diterima ke dalam Mail Server. Sementara itu, POP3 (Post Office Protocol 3rd version) adalah protokol pesan elektronik untuk menyimpan pesan dikirim dan diterima PC Local Hard Drive.

Mail server berfungsi untuk bertukar pesan ke sesama pengguna dengan file terdukung berupa gambar, teks, dan lainnya.


2. File Server

Salah satu jenis server pada komputer yaitu file server. Jenis server ini merupakan jaringan komputer yang memberikan akses berupa lokasi disk yang berisi gambar, musik, video, dokumen, dan lainnya. File server dirancang untuk pengguna memungkinkan dalam penyimpanan dan pengambilan data dengan perhitungan melalui workstation.


3. Database Server

Database server adalah kumpulan data yang diperoleh untuk kemudian disimpan di dalam komputer. Adapun penggunaan database dalam komputer ini ditujukan untuk mempermudah pengguna dalam mengolah data. Sederhananya, database terdiri dari kumpulan tabel-tabel yang menyimpan data serta informasi.

Salah satu fungsi database adalah untuk menghindari data ganda yang tersimpan. Suatu software DBMS bisa di-setting agar mampu mengenali duplikasi data yang terjadi saat diinput. Hal ini karena sifat database dapat diakses oleh lebih dari satu pengguna.


4. FTP Server

File Transfer Protocol (FTP) merupakan protokol internet yang memberikan akses data server pada suatu jaringan. Adapun proses yang dilakukan FTP adalah dengan kode ASCII yang sebenarnya berbahaya karena tidak melalui enkripsi dalam proses transfer.


5. Web Server

Web server adalah jaringan komputer yang melayani khusus permintaan HTTP dan HTTPS. Nantinya, web server akan menerima kode dari browser, kemudian mengirimnya kembali dalam bentuk laman web. Dengan kata lain, web tersebut dikirim oleh web server dalam bentuk dokumen HTML dan CSS, lalu diproses oleh browser menjadi laman web yang mudah dibaca oleh pengguna.


6. Proxy Server

Proxy server merupakan jaringan komputer yang berperan sebagai perantara antara pengguna dengan web server. Setiap pengguna yang mengakses jaringan internet, akan melewati proxy terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke web server.


7. DHCP Server

DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) adalah jenis server yang menjalankan layanan penyewaan IP address dan informasi TCP/IP kepada client. Umumnya, sistem operasi seperti Windows 2000 server, Window Server 2003, dan GNU/linuk menggunakan layanan ini. Adapun fungsi DHCP sendiri yaitu untuk memberikan layanan alamat IP secara otomatis kepada komputer yang meminta.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Unknown
    Unknown 27 Mei 2021 09.32

    Mantap artikelnya mas

Add Comment
comment url