Bagaimana Cara Menjadi Penulis Konten Online? Berikut Penjelasan Lengkapnya

admin
admin

sumber gambar : glints.com

cybersinc.com
 - Penulisan konten hampir ada di mana-mana, dengan merek yang lebih besar dan lebih kecil beralih ke blog dan artikel untuk memasarkan produk mereka dengan lebih baik dan membangun pengikut mereka. Ini berarti ada banyak pekerjaan untuk penulis konten , jadi jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan menulis untuk meletakkan roti di atas meja, maka tidak ada waktu yang lebih baik daripada saat ini untuk memulai.


Bagaimana menjadi penulis konten online

Penulis konten online berasal dari semua lapisan masyarakat dan tidak ada dua orang yang melaporkan memiliki perjalanan karier yang persis sama. Untuk alasan ini, mungkin sulit bagi pemula untuk mengetahui jalur mana yang harus mereka ambil. Namun, ada beberapa langkah solid yang harus Anda pertimbangkan untuk membuatnya sedikit lebih mudah untuk sukses lebih cepat.


1. Bagian satu: membangun keahlian Anda

"konten yang lebih baik lebih banyak daripada konten lainnya", yang berarti karya yang Anda hasilkan harus memiliki standar yang sangat baik. Mengasah keterampilan Anda adalah cara terbaik untuk menonjol dari yang lain.


Inilah cara Anda memulai:

• Belajar

Meskipun gelar tidak penting untuk menjadi penulis konten online, dalam banyak situasi, ini dapat membantu. Memilih mata pelajaran seperti bahasa Inggris, jurnalisme atau studi media membantu Anda membangun keterampilan yang dapat ditransfer dan pengetahuan industri.


Gelar lebih berguna jika Anda ingin dipekerjakan sebagai penulis konten online daripada menjadi freelance, karena banyak manajer perekrutan sedang mencari gelar, bahkan ketika menyangkut posisi level awal. Namun, pada akhirnya pemberi kerja akan lebih tertarik dengan kemampuan menulis Anda, jadi jika akademisi bukan untuk Anda, Anda dapat melewati langkah ini.


• Kemampuan menulis

Cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan menulis Anda adalah dengan berlatih menulis kapan pun Anda bisa. Tetapi ini tidak berarti Anda tidak bisa mendapatkan uluran tangan untuk menunjukkan kepada Anda tali. Apakah Anda memiliki gelar atau tidak, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kursus menulis atau blog online . Jika Anda lebih suka sesuatu secara langsung, terkadang perguruan tinggi atau pusat pendidikan lokal menawarkan kursus yang dapat diakses yang lebih praktis dan praktis daripada gelar.


• SEO, HTML, dan lainnya

Menjadi penulis konten online bukan hanya tentang kata-kata lagi, meskipun itu adalah bagian terpenting. Semakin banyak penulis digital diharapkan kompeten dalam mengintegrasikan SEO dan HTML ke dalam pekerjaan mereka.


SEO mungkin terdengar menakutkan, tetapi tidak harus begitu , dan mempelajari praktik kata kunci terbaik akan sangat membantu peluang Anda untuk dipekerjakan. Karena SEO sangat mudah berubah, Anda akan menemukan banyak sumber berbeda yang saling bertentangan, jadi tempat terbaik untuk memulai adalah Panduan Pemula Moz . Ini benar-benar gratis dan memberi Anda semua tip dan trik yang Anda butuhkan untuk memulai.


Ketika berbicara tentang HTML , Anda mungkin hanya perlu mengetahui pemformatan dasar seperti judul, daftar, dan menambahkan hyperlink. Beberapa penulis konten online mungkin memutuskan untuk mengembangkan keterampilan mereka ke dalam CSS , tetapi ini tidak diperlukan untuk sebagian besar. Namun, akan bermanfaat jika Anda dapat menemukan cara lain seperti WordPress dan sistem manajemen konten lainnya, karena banyak perusahaan akan meminta Anda untuk mengunggah tulisan Anda langsung ke situs mereka.


2. Bagian dua: memperkuat kehadiran Anda

Setelah Anda mendapatkan keterampilan untuk pekerjaan itu, Anda perlu memberi tahu orang lain tentang hal itu supaya orang lain tau atas kemampuan anda, dan Anda tidak akan bisa jika Anda hanya mencoret-coret di buku catatan atau menyimpan pekerjaan Anda di dalam folder di Desktop.


Hal-hal yang harus Anda pertimbangkan saat menciptakan kehadiran Anda:

• Portofolio

Portofolio mungkin adalah cara Anda yang paling efektif untuk menunjukkan keahlian Anda dan menarik klien atau pemberi kerja. Bagaimanapun, ini menawarkan contoh nyata dari pekerjaan Anda kepada orang-orang daripada janji kosong.


Jadi, bagaimana cara Anda membangun portofolio ? Sayangnya, pada awalnya, portofolio Anda sebagian besar terdiri dari tulisan yang tidak dibayar, tetapi itu semua adalah bagian dari proses. Mulailah dengan membuat blog Anda sendiri , posting tamu, dan mempromosikan publikasi. Semua hal ini tidak hanya akan membangun portofolio Anda tetapi juga memberi Anda lebih banyak eksposur.


• Media sosial

Di samping portofolio Anda, kehadiran di media sosial juga akan membantu memajukan karier Anda. Menggunakan Twitter dan LinkedIn untuk berkomunikasi dengan penulis lain dan mengomentari topik terkait industri yang relevan akan membantu Anda diperhatikan untuk pekerjaan serta menampilkan Anda sebagai seseorang yang serius untuk maju dalam karier mereka. Pastikan Anda menautkan semua profil dan blog Anda bersama-sama untuk menciptakan kehadiran yang kohesif dan profesional.


3. Bagian tiga: mencari pekerjaan

Sekarang setelah Anda memiliki keterampilan dan portofolio untuk mendukungnya, inilah saatnya untuk mulai mencari pekerjaan berbayar.


Ada beberapa cara untuk melakukannya:

• Agensi

Mendaftar ke agensi online adalah cara mudah untuk memulai, karena pekerjaan menulis ditawarkan secara lepas tanpa kerja keras untuk menemukan klien Anda sendiri. Anda akan dapat menulis untuk berbagai klien tentang topik yang berbeda, memungkinkan Anda menemukan kekuatan Anda dan memberi Anda lebih banyak gagasan tentang bidang apa yang ingin Anda spesialisasi .


• Menulis di rumah

Jika Anda ingin menjadi penulis konten online dengan pekerjaan reguler 9-5, pertimbangkan untuk menjadi penulis internal untuk sebuah perusahaan. Menemukan pekerjaan ini akan mengambil bentuk yang lebih tradisional dan termasuk menyiapkan CV dan surat pengantar dan menghadiri wawancara langsung. Saat bekerja untuk perusahaan tertentu, Anda akan bertanggung jawab untuk memastikan semua konten online mereka sejalan dengan merek mereka, yang dapat mencakup melihat blog, buletin email, dan posting media sosial mereka.


• Pekerja lepas

Freelancing membutuhkan lebih banyak pekerjaan daripada opsi lain yang terdaftar, tetapi ini berpotensi menjadi yang paling bermanfaat. Ini bisa sulit pada awalnya, jadi yang terbaik adalah bekerja secara lepas dengan sumber pendapatan lain sampai Anda membangun kumpulan klien Anda. Untuk mendapatkan pekerjaan freelance berbayar pertama Anda, yang terbaik adalah mencari di papan pekerjaan, tetapi begitu Anda menjadi lebih berpengalaman, klien akan mulai menemukan Anda dan keberadaan online Anda sendiri.


Semoga Anda tidak lagi bertanya-tanya bagaimana menjadi penulis konten online dan siap untuk mengambil langkah pertama dalam perjalanan yang pasti mengasyikkan. Semoga berhasil!

Komentar : Bagaimana Cara Menjadi Penulis Konten Online? Berikut Penjelasan Lengkapnya