5 Cara Membersihkan Malware Di Android

admin
admin


Cybersinc.com - Dengan adanya pop-up iklan yang mengganggu pada sebuah Handphone android kamu itu ber kemungkinan besar, HP kamu terkena serangan malware, Yuk cari tahu cara mengbersihkan malware di android!

Walaupun smartphone android adalah teknologi pintar namun tidak bisa dipungkiri bahwa android bisa saja terjangkit malware.Seperti yang kita semua ketahui bahwa malware tidak hanya mengganggu, namun juga berbahaya. Bagaimana tidak. Program ini tidak hanya memunculkan spam iklan, tapi juga mencuri data penting dari HP karena itu sangat penting untuk kita mengetahui cara mengbersihkan malware di android supaya tetap aman


Adapun ciri-ciri handphone yang terjangkit malware adalah seperti berikut:

• Ponsel cepat panas, karena ada aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa persetujuan.

• Sistem kerja HP jadi lelet, bahkan saat membuka aplikasi yang ringan.

• Baterai cepat habis.

• Muncul pop-up iklan tiba-tiba saat membuka aplikasi, game, menonton video, bahkan saat tidak beroperasi.

• Menyedot pulsa secara tidak normal.

• Saat sedang melakukan panggilan, suara atau sinyal putus-putus.


Cara Membersihkan Malware Di Android


Namun ada beberapa opsi untuk perlindungan dan aplikasi antivirus yang dapat Anda gunakan untuk mengbersihkan malware di android Anda dan menjaganya tetap aman di masa mendatang.


1. Cara membersihkan malware yang pertama yautu denga cara mematikan Perangkat Usai Anda yakin ponsel diserang oleh malware, tahan tombol daya dan matikan ponsel sepenuhnya. Cara ini mungkin tidak menghentikan malware yang menyebabkan kerusakan, tapi dapat menghentikan masalah menjadi buruk. Mematikan perangkat juga memberi Anda waktu untuk berpikir dan meneliti.


Apakah Anda tahu aplikasi tertentu yang terinfeksi yang membawa malware ke perangkat Anda? Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi sebagai akar masalahnya, Anda tidak dapat menghapusnya.


2. Arahkan ke Settings dan Settings di perangkat Android Anda. Pengaturan biasanya memiliki ikon roda gigi, tapi itu tergantung pada tema dan pengaturan Anda. Cari jika Anda kesulitan menemukan tempat yang tepat.Di Pengaturan, gulir hingga Anda melihat bagian bernama Aplikasi dan masukkan.


Cari daftar semua aplikasi Anda saat ini. Anda mungkin perlu memilih Manajer Aplikasi untuk menemukan daftar lengkapnya. Sesampai di sana, gulir hingga Anda menemukan aplikasi yang terinfeksi di tengah masalah Anda.Pilih aplikasinya, dan ini akan memunculkan opsi untuk Uninstall, Force Close, atau Force Stop (seringkali Anda tidak dapat menghapus aplikasi inti, hanya menonaktifkannya, tetapi aplikasi ini tidak mungkin menjadi masalah).


3. Hapus Aplikasi yang Terinfeksi dan Apa pun yang MencurigakanCukup pilih Uninstall, dan perangkat Android Anda akan menghapus aplikasi yang dimaksud. Ada baiknya juga untuk meninjau daftar aplikasi Anda dan mencopot unduhan yang mencurigakan.


Jika belum pernah melihat daftar ini sebelumnya, Anda mungkin terkejut dengan beberapa hal aneh yang dimiliki perangkat Anda di dalamnya.


4. Download Pelindung MalwareAnda harus memberikan banyak perlindungan keamanan dan malware untuk setiap perangkat Android, tapi sangat penting untuk menginstal perangkat lunak antivirus jika Anda sebelumnya tidak beruntung dengan aplikasi yang meragukan.


Setelah Anda secara manual menghapus aplikasi yang membuat Anda berduka, Anda perlu meningkatkan keamanan ponsel Anda secara keseluruhan.


5. Beralih ke Safe ModeSaat Anda menghidupkan kembali perangkat dan masuk untuk mengisolasi aplikasi yang bermasalah, alihkan ke mode aman terlebih dahulu. Ini akan membantu membatasi kerusakan yang dapat dilakukan aplikasi yang terinfeksi.


Untuk sebagian besar perangkat Android, Anda dapat beralih ke mode aman dengan menahan tombol daya selama beberapa detik saat perangkat aktif, lalu ketuk dan tahan opsi Matikan.


Cara ini akan memunculkan beberapa opsi daya, termasuk untuk Reboot ke Safe mode. Pilih mode ini dan tunggu ponsel Anda melakukan reboot sebelum Anda melanjutkan. Jika Anda tidak dapat menemukan mode aman, aktifkan mode pesawat sebagai gantinya, untuk memutuskan perangkat Anda dari jaringan mana pun. Anda biasanya dapat menemukan opsi itu di bagian atas bayangan pemberitahuan Anda.


Nah, itulah beberapa cara mengbersihkan malware di Android. Bagaimana, apakah virus di HP Anda berhasil dihilangkan? Jika menemui kendala, silahkan tuliskan di kolom komentar.Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam menghapus virus malware di Android.

Komentar : 5 Cara Membersihkan Malware Di Android